Install Mikrotik di VirtualBox

kali ini kita coba belajar gimana cara install mikrotik iso di virtualbox, tujuannya kalo kita belum punya RB buat blajar, tentunya kalo instalnya di virtual ga selengkap kaya di RB nya ya… yaa lumayan lah seadanya ala gretongan.

oke lets focus…

pertama install dlu virtual box di pc tmn2.. kalo belum punya silahkan download di web resminya di https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads disesuaikan sama OS yang tmn2 pake ya, kalo windows ya download yg exe, kalo yang linux ya linux.

kalo udah di download, silahkan instal aja, tinggal next aja sampe finish, nanti ada beberapa yang perlu diinstal, terutama interface khusus untuk si virtualnya.

kita anggap udah diinstal ya… dan pastikan di network sharing center sudah ada interface instalan dr virtualboxnya, kaya gambar di bawah ini.

kalo sudah seperti di atas kita sekarang tinggal instal mikrotinya, siapkan iso mikrotik, kalo bisa versi terbarunya.. kalo belum punya silahkan di download dimari http://www.mikrotik.co.id/download.php

kalo sudah download, sekarang kita siap buat instal mikrotiknya ke virtual

step-stepnya :

  1. Buka virtualboxnya, pilih new
  2. Kasih ram/memory untuk kinerja router os nya (alakadarnya aja)
  3. Tentukan storage/hardiskKalo sudah, tinggak klik Create, maka kita sudah punya satu wadah buat instalasi iso mikrotik di virtualbox.

jika langkah2 di atas sudah dilakukan dengan benar, pastikan sudah ada tampilan baru di jendela virtualnya, seperti gambar berikut :

kalo sudah seperti itu, sekarang kita tinggal konfigure Router os nya sesuai dengan kebutuhan kita masing2, disini saya mau contohkan menggunakan 2 interface, yang 1 sy arahkan ke public, yang ether2 sy buat jaringan lokal kita.

oke perhatikan step2nya :

  1. Klik Setting

perhatikan yg nomor 2, jika masih empty maka silahkan ikuti nomor 3, klik aja gambar disknya, nanti pilih chose virtual optical drive, silahkan browse file iso yang sudah di download td, jika sudah pastikan sama seperti di gambar berikut :

sudah ada file isi kalo sudah berhasil.

  1. sekarang kita setting di menu networknya

perhatikan di bagian ini, kalo kita pengen si virtual mikrotik kita mau kita konekin ke inet, maka adaper yg pertama kita seting NAT (Network Address Translation), disini saya setting Attached to nya sebagai NAT

Centang Enable Network Adapternya dlu ya.

adapter yang kedua kita tinggal setting Host-only adapter, trus arahkan interfacenya ke interface virtual yg udah kita buat di atas.

kalo sudah, klik OK aja.

kalo sudah kembali ke jendela virtual box, sekarang kita tingal instal OS nya deh..

Tinggal tunggu sampai seperti gambar di bawah ini :

jika sudah sampai disini, perhatikan instruksinya, tp inget… ini tergantung kebutuhan yaa, terserah mau all apa mau custom nginstallnya.. kalo sy mah all aja deh. ketik “a” aja nanti ke ceklis (X) smua.. setelah itu ketik “i” untuk perintah installnya

jika sudah silahkan di enter aja buat restart instalasinya.

pada saat reboot, langsung close aja virtual os nya.. lho knapa???? karna kalo ga di close nanti balik lagi ke booting awal pilihan menu instalasi yg tadi. ilustrasinya sama aja kaya kita nginstal os windows. jadi intinya di close ajalah.

setelah di close, kita klik menu seting di virtual mikrotiknya

arahkan ke menu storage, trus hapus iso yg td kita insert lewat virtual disknya

kalo sudah di remove, sekarang waktunya menjalankan os mikrotik kita yng sudah diintal tadi. kalo berhasil kita akan secara otomatis diarahkan ke login mikrotik secara default.

kalo sudah seperti di atas, tinggal login deh… secara default, logini usernamenya : admin, password kosongin aja (blank)/enter aja dah biar gampang… kalo success tampilannya kaya gini nih 😛

jika sudah ke step di atas, tinggal di enter aja lagi..

nanti kita siap buat konfig ip address buat masing2 interfacenya

langkah berikutnya silahkan tampilkan interface yang sudah kita buat td, apakah benar ada 2 interface dalan os ini dengan cara /interface print (abaikan tanda slashnyaa)

pastikan sudah ada 2 ether pada mikrotik os yg sudah kita konfig di awal td

selanjutnya kita konfigurasi ip address pada masing2 ethernya, tujuannya apa? ketika ip address sudah kita buat, nantinya kita akan beralih ke winbox untuk konfig selanjutnya (daripada beli router, lumayan yg paling murah aja 300rb, wakakakakakak)

oke lets go…

oke gaes, pada nomor 1 itu adalah perintah/script untuk menambahkan ip address ke masing2 interface yang sudah kita buat

perintah ip address print, ini untuk menampilkan scrip yg sudah kita buat td, perhatikan juga pada nomor 2 ada interface yg double, yaitu ether1 nya ada 2, itu sebenarnya default dari interface perangkat kita, entah itu pc/laptop. gampang ko caranya, ketik aja ip address remove 0 (nah 0 ini adalah urutan interfacenya)

jika sudah silahkan print lg, maka hasilnya akan sesuai dengan interface yang sudah kita buat td.

oke sampai disini installasinya sudah seleasi.. selamat mencoba…

cukup sekiat lab kita malm ini, nanti kita lanjutkan konfigurasinya pake winbox ya…

smoga bermanfaat,

Wassalamu’alaikum Warokhmatullahi Wabarokatuh…

Sumber :
Lab 2 (Mikrotik) – Install Mikrotik di VirtualBox – http://wp.me/p82EBV-3S

Leave a Reply