Cara Setting Access Point Dengan Mudah

“Ke rumah gue aja yuk!”

“Emang ada WiFi-nya?”

*Hening kemudian

Ya, kurang lebih gini deh percakapan simpel salah satu temen saya yang agak perhitungan soal kuota internet. Tapi, saya bukan mau membahas soal teman saya yang nyebelin sekaligus bikin ogah-ogahan lagi ketemuan sama dia. Melainkan saya akan membahas cara mengatur Access Point supaya kamu bisa punya koneksi WiFi sendiri di rumah. Ya, meskipun jaman sekarang, produk semacam MiFi sudah merajalela di pasaran, apa salahnya kalau kalian punya Access Point yang nganggur di gudang rumah kalian. Langsung saja langkah-langkahnya!

Pasang dulu perangkatnya! Colokkan adaptor, dan kabel UTP ke port LAN AP dan ke port LAN di komputer atau laptop. Jika berhasil, maka akan muncul lampu indikator hijau kelap-kelip. Biasanya terdapat 4 indikator, yaitu Power, System, LAN, WAN (tergantung jenis dan tipe AP). Nah, di sini saya memakai AP TP-LINK tipe WA701N.

Jika sudah, setting dahulu IP di komputer, caranya masuk ke Control Panel, pilih Network and Sharing Center, pilih Change Adapter Settings, pilih perangkat jaringan yang sedang dipakai/aktif, maka akan muncul jendela baru. Klik Properties, lalu klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), lalu muncul jendela seperti di bawah.

Pilih opsi Use the Following IP address untuk menjadikan IP komputer jadi statik, isikan IP address dengan “192.168.1.10” dan juga subnet mask seperti di atas. Kosongkan yang lain, lalu OK dan simpan.

Buka browser, lalu ketikkan alamat 192.168.1.254, maka kurang lebih akan muncul jendela seperti di atas. Jika benar, maka masukkan username dan password seperti berikut (standar):

Username: admin

Password: admin

Jika sudah, maka client TP-LINK akan muncul seperti ini:

Lalu, langsung saja klik Next.

Pilih opsi Access Point, lalu Next.

Isi SSID dan Password sesuai keinginan kalian, lalu Next.

Pilih Enable pada DHCP Server, atur IP Address jika perlu. Jika ingin mengganti login akun untuk client TP-LINK kalian, klik YES. Lalu pilih Next.

Jika sudah selesai semua, akan muncul jendela seperti ini. Lalu, klik Reboot dan tunggu sampai perangkat menyala kembali. Kalian bisa pakai laptop, handphone, atau yang lainnya yang punya fitur WiFi. Jika berhasil, maka jaringan kalian akan terdeteksi di perangkat kalian.

Kurang lebih begitulah cara cepat bagi kalian yang ingin memasang koneksi WiFi memakai AP. Di artikel berikutnya, saya akan membahas lebih banyak lagi fitur-fitur yang ada di AP ini. Sekian!

Sumber Gambar: Google Image, Instagram, dan Dokumen Penulis

Tutorial: Cara Setting Access Point Dengan Mudah – http://wp.me/p8gBcs-z