Cara Membangun Server Film dan Musik

Jika Anda seperti saya, Anda punya ratusan gigabyte file media digital, mulai dari film, musik, acara TV, disimpan di hard drive portabel, laptop tua, dan berbagai PC. Tidakkah lebih bagus lagi jika semua media itu bisa tinggal di satu tempat and bisa diakses dengan mudah oleh komputer dan perangkat cerdas Anda yang lain? Dengan aplikasi yang tepat dan perangkat penyimpanan terpasang jaringan, Anda bisa melakukan hal itu.

Langkah 1: Beli atau Bangun NAS

Untuk membangun server media rumah utama Anda sendiri, Anda memerlukan semacam sistem penyimpanan yang terpasang pada jaringan, biasa disebut NAS. Ini pada dasarnya adalah komputer mini dengan hard drive di dalamnya, yang akan membantu kandang semua media Anda. Ini terhubung ke jaringan rumah Anda, sehingga Anda dapat mengakses media tersebut di perangkat lain.

Anda bisa membangun NAS Anda sendiri dari komputer lama dan hard drive, atau Anda bisa membeli sistem enclosure. Yang Pilihan yang Anda pilih Terserah Anda, tapi kecuali jika Anda ingin menghabiskan banyak waktu untuk mengkonfigurasi pengaturan (dan Anda mungkin!) Atau memiliki batasan anggaran yang sangat ketat, saya sarankan hanya membeli NAS off-the-shelf. Tidak hanya unit yang Anda beli dari rak yang lebih kecil (yang bagus), kebanyakan dilengkapi dengan perangkat lunak yang mudah digunakan.

Perusahaan termasuk Synology, QNAP, dan Western Digital semua menjual unit NAS yang menyimpan beberapa hard drive. Berapa banyak drive yang Anda butuhkan tergantung pada ruang penyimpanan dan tujuan Anda. Rata-rata pengguna mungkin baik-baik saja dengan sistem dua teluk yang akan menyimpan dua hard drive 3,5 inci. Ukuran drive apa yang Anda gunakan terserah Anda, namun ketahuilah bahwa sebagian besar sistem mengharuskan Anda menggunakan drive ukuran yang sama di kedua titik.

Teman-teman kita di The Wirecutter merekomendasikan QNAP Turbo NAS TS-251 Sebagai NAS terbaik mereka. Ini adalah $ 250 di Amazon, meskipun a Versi yang lebih baru Yang memiliki RAM lebih banyak adalah $ 340 Ada juga a $ 320 TS-251A , Yang dilengkapi dengan remote dan dioptimalkan untuk pemutaran media. Salah satu hal baik tentang seri 251 QNAP adalah bahwa ia datang dengan port HDMI, yang membuat menghubungkannya ke TV atau monitor besar sangat mudah. Saya secara pribadi telah sukses dengan sistem NAS Synology, dan DS216 , Yang dijual seharga $ 250, sangat bagus. Ini tidak sekuat QNAP, jadi untuk uang Anda mungkin lebih baik dengan unit itu, tapi pasti layak untuk dipertimbangkan.

Perlu diingat, harga ini JANGAN termasuk hard drive. Itu biaya tambahan …

Langkah 2: Pilih Hard Drive Anda

Begitu Anda memiliki kandang Anda, Anda perlu mendapatkan hard drive untuk NAS Anda. Tanpa terlalu banyak mengetahui bagaimana sistem RAID bekerja, ketahuilah bahwa untuk sistem dua teluk (atau sistem dengan banyak drive), lebih baik mengisinya dengan drive yang identik.

Anda tidak have mendapatkan hard drive bersertifikat NAS, secara teknis drive desktop 3,5 inci akan dilakukan, namun menurut pengalaman saya, drive NAS cenderung bekerja lebih baik karena dirancang untuk berjalan 24/7. Dan karena Anda mungkin menginginkan data yang Anda masukkan ke NAS Anda agar tetap aman, bukan ide buruk untuk menghabiskan sedikit lebih banyak untuk mendapatkan drive NAS.

saya suka Western Digital Red seri hard drive , tetapi Seri Seagate IronWolf Mendapatkan review bagus juga

Saran saya adalah membeli sebanyak mungkin tempat yang Anda mampu, karena begitu Anda mulai menggunakan NAS sebagai server media, Anda mungkin akan menganggap bahwa Anda menggunakannya lebih dari yang Anda harapkan.

Langkah 3: Setup dan Konfigurasi NAS Anda

Proses penyiapannya akan berbeda untuk setiap NAS, namun petunjuk yang menyertai unit ini akan membantu Anda. Umumnya, Anda hanya perlu menginstal hard drive (yang biasanya hanya berarti menghubungkan kabel dan meletakkannya di tempat tinggal), hubungkan ke listrik, dan hubungkan ke router Anda melalui Ethernet.

Sebagian besar sistem NAS modern akan bekerja dengan adaptor USB nirkabel (dan beberapa bahkan memiliki wi-fi built-in), namun sangat baik untuk menghubungkannya langsung ke router atau switch Anda. Jangan khawatir, dengan cara perangkat lunak dikonfigurasi, semua perangkat nirkabel Anda tetap dapat mengakses konten dari jarak jauh.

Kemudian ikuti saja petunjuk yang diberikan oleh pembuat NAS Anda untuk melanjutkan proses penyiapan. Itu biasanya berarti mengunjungi alamat web di komputer lain (kecuali jika Anda ingin menghubungkannya ke monitor secara lokal). Jika Anda pernah menginstal router internet, prosesnya serupa.

Sistem mungkin bertanya kepada Anda tentang bagaimana Anda ingin mengatur konfigurasi RAID Anda. Manual ini harus memberi gambaran bagus tentang apa yang Anda inginkan, namun Anda juga bisa melihat panduan inimenawarkan gambaran yang bagus.

Langkah 4: Mentransfer data Anda

Anda mungkin sudah memiliki banyak file dan data yang tersebar di hard drive, komputer lama, dan perangkat lainnya. Hal yang hebat tentang NAS adalah Anda bisa memasukkan semua data itu ke sana dan kemudian every komputer di jaringan Anda dapat mengaksesnya.

Mentransfer data ke NAS Anda akan berbeda dari satu sistem ke sistem lain, namun begitu NAS Anda dikonfigurasi dengan benar di jaringan Anda, Anda harus melihatnya di pengelola file Anda di macos atau Windows. Anda kemudian dapat mentransfer file melalui jaringan melalui wi-fi (lebih lambat) atau Ethernet (lebih cepat).

Kebanyakan NAS juga memiliki port USB, yang berarti Anda bisa memasang hard drive eksternal dan mentransfer data seperti itu juga, dengan menggunakan file manager yang terpasang di NAS.

QNAP dan Synology keduanya memiliki panduan jika Anda bingung.

Langkah 5: Instal aplikasi

Setelah Anda menginstal NAS Anda, saatnya memasang aplikasi untuk membuatnya bernyanyi. Aplikasi benar-benar akan mengubah NAS dari Kapsul Waktu yang dimuliakan menjadi sesuatu yang dapat membuatnya sangat mudah untuk menikmati banyak file Anda di berbagai perangkat.

Metode untuk menginstal aplikasi akan berbeda dari NAS ke NAS, namun secara umum, Anda dapat menggunakan manajer paket-menganggapnya seperti toko aplikasi-untuk memilih dan memilih aplikasi apa yang Anda inginkan.

Sebagian besar aplikasi yang sedang kita bicarakan ada di toko aplikasi QNAP dan Synology, sehingga Anda dapat mencari solusi tersebut dan menginstalnya langsung dari perangkat lunak.

Berikut adalah ikhtisar hal-hal yang paling umum yang ingin Anda lakukan.

Create a sick media server with Plex

Salah satu alasan terbaik untuk menggunakan NAS adalah sebagai cara untuk memiliki server media Anda sendiri untuk musik, film, dan foto. Plex mudah solusi terbaik. Anda dapat menginstal dan mengkonfigurasi Plex Media Server di NAS Anda. Setelah dikonfigurasi, Plex akan mengambil semua konten di NAS Anda (atau bahkan keseluruhan jaringan Anda), dan mempermudah server dan playback.

Plex ada di toko app untuk QNAP dan Synology, tapi terkadang versinya sudah ketinggalan jaman. Jika Anda ingin memasang aplikasi secara manual, Anda dapat mendownload file dari situs web Plex . Kami telah menjalankan a Beberapa panduan Tentang mendapatkan Sebagian besar dari Plex .

Plex adalah server media yang paling mudah diatur, dan pada dasarnya memiliki semua platform yang diketahui oleh manusia, yang berarti Anda dapat dengan mudah mengakses konten dari perangkat apapun – dari ponsel Android Anda ke iPad Anda, ke set-top-box yang terpasang pada perangkat Anda. TELEVISI.

Plex gratis, tapi jika Anda membayar Pass Plex ($ 45 per tahun), Anda bahkan dapat mengakses semua konten Anda dari jarak jauh. Itu benar, Anda bisa bersantai di kantor sambil menonton episode lama The Office . Anda bisa menonton Airplane! Dari pesawat terbang

Secara otomatis mendapatkan konten dengan Sonarr

OK, jadi Anda punya Plex di NAS Anda, sekarang Anda mungkin menginginkan beberapa konten tambahan untuk disertakan. Anda jelas bisa membeli atau Rip media Anda Ke sistem anda, tapi ada aplikasi yang akan membuat proses pengadaan konten tambahan yang jauh lebih baik.

Seperti biasa, ikuti hukum hak cipta di negara atau wilayah Anda sendiri. Ahem.

Ada aplikasi hebat yang disebut Sonarr yang mempermudah mendownload video TV yang Anda inginkan. Ini bahkan akan secara otomatis terus mendownload setiap episode saat mengudara. Sonarr memiliki paket instalasi untuk platform NAS utama termasuk QNAP dan Synology. Setelah Anda menginstal layanan ini, Anda menambahkan berbagai sumber yang dapat digunakan untuk memantau acara TV yang Anda inginkan. Konten itu kemudian dapat secara otomatis dimasukkan ke dalam Plex sehingga Anda dapat menonton acara TV Anda pada waktu Anda sendiri. Jika Sonarr bukan milikmu, aplikasi serupa yang disebut Sickbeard bekerja dengan cara yang sama.

Klien BitTorrent

BitTorrent hebat, namun menjaga koneksi konstan pada PC bisa menjadi rasa sakit. Anda dapat mengatur klien BitTorrent Anda sendiri di NAS Anda. Baik Synology maupun QNAP menawarkan sebuah aplikasi yang disebut Download Station yang memungkinkan pengguna mendownload file dari BitTorrent, FTP, NZB (newsgroup) dan banyak lagi.

Aplikasi dapat terus berjalan di latar belakang saat Anda melakukan hal lain, sehingga Anda dapat mengunduh barang baru dan mengunggah ke orang lain saat mengakses file atau media streaming ke TV Anda.

Solusi cadangan

Selain menyimpan media Anda, Anda juga bisa menggunakan semua ruang hard drive untuk membuat cadangan file Anda. Salah satu cara terbaik untuk menggunakan NAS adalah sebagai solusi backup untuk semua file lainnya di rumah Anda.

Jika Anda pengguna Mac, Anda bahkan dapat menggunakan perangkat Synology atau QNAP Anda dengan Time Machine. Ini berarti semua data Anda tersimpan dengan aman jika terjadi sesuatu pada mainmachine Anda.

Dan jika Anda menggunakan Windows, baik Synology dan QNAP memiliki panduan untuk memback up mesin Anda juga.

Langkah 6: Bersenang-senanglah

Butuh beberapa waktu untuk menyiapkannya, tapi begitu Anda sudah mengonfigurasi NAS Anda, itu harus berjalan seperti alat. Jangan ragu untuk menambahkan aplikasi baru-mungkin Anda ingin menjalankan server web Anda sendiri atau bahkan server Minecraft-dan bermain-main.

 

 

sumber : https://id.upost.info/31373931383239353939