Macam-macam Area dalam OSPF

Berikut ini adalah unsur-unsur dari OSPF yang perlu diketahui

Area adalah sistem grouping yang digunakan di protocol OSPF yaitu gabungan dari beberapa IR (Internal Router) yang berjumlah <80 router. IR adalah router yang tergabung dalam sebuah area OSPF.

ABR (Area Border Router) adalah router yang menjembatani area satu dengan area yang lain. Border Router (ABR) merupakan penghubung antara area 0 dengan area lain ( 2 koneksi, yaitu koneksi ke area 0 dan koneksi ke area lain)

ASBR (Autonomous System  Border Router) adalah penghubung antara OSPF dengan routing protokol lainya (RIP,BGP dll) di suatu jaringan dan berada dalam satu hak administrasi, satu kepemilikan, satu kepentingan serta dikonfigurasi menggunakan policy yang sama biasa disebut Atonomous System (AS). Router ASBR ini dapat diletakkan dimanapun pada jaringan, tapi harus dalam area 0. Dan bertugas untuk menjembatani antara router yang ada di dalam AS dengan Network lain (Berbeda AS).


 

Tipe Area yang terbentuk menjadi suatu topologi jaringan dibagi menjadi :

Backbone Area

-Merupakan jalur utama dalam OSPF karena memiliki informasi topologi dan routing seluruh jaringan OSPF dan biasanya ditandai dengan alamat 0.0.0.0 (atau Area 0).
-Bertanggung jawab mendistribusikan informasi routing antara non-Backbone area

-Semua sub-Area harus terhubung dengan backbone secara logikal

-Merupakan tempat bertemunya seluruh area pada jaringan OSPF

Standart Area

-Merupakan area-area lain selain area 0 serta merupakan area yang tidak dikonfigurasi atau dimodifikasi apapun

-Merupakan sub-Area dari Area 0. Area ini menerima LSA intra-area dan inter-area dari ABR yang terhubung dengan area 0

Stub Area

-Merupakan area paling akhir/ujung dari suatu jaringan, tidak ada cabang-cabangnya lagi sehingga area ini tidak menerima informasi dari luar, dia hanya menerima informasi dari router tetangganya untuk hubungan ke luar, menggunakan Default route

-Area ini tidak menerima advertise external route (digantikan default route), baik itu dari ABR area lain, ataupun ASBR

Totally Stub Area

-Merupakan Stub area yang diperketat perbatasan ( tidak akan pernah menerima informasi dari jaringan luar di luar jaringan mereka)

Not So Stubby Area (NSSA)

-Merupakan area stub yang tidak terlalu stub ( bisa menerima informasi dari jaringan lain yang tidak terhubung ke backbone area).

Sumber : http://my-computernetworking.blogspot.co.id/2015/09/macam-macam-area-dalam-ospf.html

Advertisements

Leave a Reply